Wakapolres Deli Serdang Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Alun – Alun Pemkab Deli Serdang

TribrataNewsDeliSerdang – Mewakili Kapolres Deli Serdang, Wakapolres Deli Serdang Kompol Arnis Syafni yanti SE. menghadiri upacara Hari Kebangkitan Nasional di alun-alun Pemkab Deli Serdang bersama dengan para pejabat utama Polres Deli Serdang. Senin (21/05/2019)

Dalam upacara Harkitnas yang mengambil tema `Kebangkitan untuk Persatuan”  ini bertindak selaku inspektur upacara adalah WAKIL BUPATI DELI SERDANG H. H. M. ALI YUSUF SIREGAR. Sedangkan peserta upacara adalah pasukan dari peleton Yon 121 MK, Kodim 0204 Deli Serdang, Polres Deli Serdang, ASN, P2K, Mahasiswa dan pelajar.

Dalam upacara Harkitnas yang mengambil tema `Kebangkitan untuk Persatuan”  ini bertindak selaku inspektur upacara adalah WAKIL BUPATI DELI SERDANG H. H. M. ALI YUSUF SIREGAR. Sedangkan peserta upacara adalah pasukan dari peleton Yon 121 MK, Kodim 0204 Deli Serdang, Polres Deli Serdang, ASN, P2K, Mahasiswa dan pelajar.

Dalam kesempatannya, Wakil Bupati membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara. Dalam sambutannya, Menkominfo RI mengupas tentang Sumpah Palapa oleh Mahapatih Gajahmada.

Dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana
isun amukti palapa”.

“Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa”. Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara, ” jelas Menkominfo RI.

Menkominfo menambahkan, Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat
relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

“Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita, ” ucap Wakil Bupati Deli Serdang membacakan amanat Menkominfo RI.

Setelah Kegiatan Upacara ini Selesai, Kegiatan pun dilanjutkan dengan bergerak bersama – sama menuju ke Taman Makam Pahlawan Lubuk Pakam untuk melaksanakan Upacara Ziarah dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

kegiatan ini pun dilaksanakan sebagai wujud penghormatan, untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan negara kita dengan pengorbanan harta benda serta jiwa raga, Kegiatan ini juga dilaksanakan agar seluruh Masyarakat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dapat merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi perjuangan bangsa dan negara, makna ziarah ini adalah bahwa kemerdekaan ini sangatlah mahal harganya dan tidak ternilai serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam ziarah tersebut dilakukan prosesi penghormatan dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Tabur bunga merupakan kegiatan penutup Upacara di taman makam Pahlawan oleh para Peserta Upacara. Pelaksanaan upacara ini berlangsung secara hikmat.

Wakapolres Deli Serdang, Kompol Arnis Syafni Yanti SE pun mengatakan, “Dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, saya harap masyarakat semakin mempererat tali persaudaraan dan tetap menjaga persatuan sebagai satu bangsa”, pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *